Article

Konfigurasi Mail Client Thunderbird

Beberapa waktu ini sebagian dari pelanggan RHI mengalami kendala tidak dapat melakukan Send/Receive email dari mail client yang biasa digunakan (mis: Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird). Kendala ini disebabkan oleh konfigurasi mail client yang belum sesuai dengan konfigurasi mail pada cPanel. Pada umumnya, hal ini disebabkan karena username yang dimasukkan menggunakan "@", sementara cPanel mengharuskan tanda "@" diganti menjadi "+". Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sertakan panduan 2 langkah sederhana untuk mengkonfigurasi mail client Thunderbird. Bagi pengguna mail client Outlook dapat menyesuaikan.

1. Verifikasi Konfigurasi Email

Seluruh konfigurasi email yang akan disetting pada mail client harus merujuk pada konfigurasi yang ditetapkan oleh cPanel. Ini merupakan konfigurasi bawaan dari cPanel, dan bersifat seragam pada seluruh account hosting. Untuk memeriksa konfigurasi setiap email, lakukan:

  • Login pada cPanel masing-masing account
  • Klik pada menu Email Accounts
  • Kemudian pada setiap account email, klik pada icon More di paling kanan, pilih Configure E-mail Client.

Tampilan informasi setting email seperti gambar berikut:

 

 

Informasi penting yang perlu dicatat ada pada bagian "Manual Settings" di bawah gambar. Informasi ini yang kemudian akan dipindahkan ke konfigurasi Thunderbird.

2. Konfigurasi SMTP Mail Client

Langkah ini akan mengkonfigurasi Thunderbird agar menggunakan setting email sebelumnya. Layar konfigurasi Thunderbird dapat diakses melalui menu Tools > Account Settings. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut:

 

SMTP Settings

 

Lakukan:

  • Klik pada Outgoing Server (SMTP) pada menu di sebelah kiri. Daftar menu ini bisa sangat panjang, jika tidak ditemukan, pastikan scroll hingga paling bawah.
  • Di sebelah kanan, adalah daftar SMTP yang telah terdaftar di Thunderbird. Jika nama domain Anda belum terdaftar disana, klik tombol Add. Sesudah itu akan muncul sesuai gambar berikut:

 

 

  • Isikan field Description sesuai keinginan, misal: "RHI Support"
  • Isikan field Server Name sesuai informasi Outgoing Mail Server dari gambar pada langkah pertama diatas.
  • Isikan field Port dengan angka 465.
  • Ganti listbox Connection security dengan SSL/TLS.
  • Ganti listbox Authentication method dengan Normal password.
  • Isikan field User Name sesuai informasi Mail Server Username dari gambar pada langkah pertama diatas. Pastikan menggunakan tanda "+" sebagai pengganti tanda "@".
  • Sesudah klik OK, layar akan kembali ke Outgoing Server (SMTP) Settings, klik pada SMTP Server yang baru saja disimpan (mis: "RHI Support"), kemudian klik tombol Set Default. Ini akan menjadikan seluruh pengiriman email menggunakan SMTP tersebut.
Demikian panduan ini kami siapkan, semoga dapat membantu pelanggan dalam menggunakan mail client Thunderbird bersama RHI.

 

 

 

Category: 

 

Hosting Personal

Ditujukan bagi Anda pemilik website dengan traffic tinggi yang sering mendapat pesan "Bandwidth Exceeded".

 
 
 

Hosting Storage

Cocok untuk keperluan online backup/archiving atau remote storage ekonomis dengan space besar dan traffic tinggi.